5 Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Menyewa Rumah atau Apartemen

03-06-16 | Menyewa Properti

Menyewa rumah atau apartemen bisa jadi terlihat sederhana, namun ternyata ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Tidak nyaman dengan pemilik atau kondisi tempat tinggal bisa jadi beberapa hal yang mungkin muncul, jika Anda tidak memperhatikan beberapa hal ini sebelum menyewa rumah atau apartemen.

1. Survei dan Buat Alternatif

Survei perlu di lakukan terlebih dahulu sebelum menyewa sebuah rumah atau apartemen.  Sempatkan untuk mencari informasi tentang rumah atau apartemen yang anda incar dari orang-orang sekitar yang tinggal disana. Pastikan pula Anda tidak berpatokan pada satu rumah atau apartemen. Sediakan beberapa alternatif dan bandingkan mana yang lebih baik untuk di sewa.

2. Catat hal penting

Saat mengunjungi kandidat rumah atau apartemen yang ingin Anda sewa, pastikan untuk memperhatikan detail rumah. Catat hal-hal detail tersebut mulai dari luas bangunan, harga, lokasi sampai kekurangan dan kelebihan properti yang akan Anda sewa. Catatan ini membantu Anda membandingkan yang mana properti terbaik untuk disewa dari beberapa properti yang ada.

3. Periksa dengan Teliti

Sebelum menyewa sebuah rumah atau apartemen, periksalah dengan teliti bangunan dan konstruksinya. Apakah ada yang rusak seperti dinding yang retak, atap bocor dan kerusakan lainnya. Jangan sampai anda yang di salahkan karena kerusakan yang sudah ada bahkan sebelum Anda menyewanya. Beritahu Pemilik rumah atau apartemen untuk di perbaiki apabila anda memang berniat untuk membeli rumah atau apartemen tersebut.

4. Buat Kesepakatan

Buatlah kesepakatan dengan pemilik properti sebelum Anda menyewa rumah atau apartemen. Kesepakatan yang dibuat bisa tentang aturan siapa yang harus membayar pengeluaran seperti listrik atau air, bolehkah membawa hewan peliharaan, sampai fasilitas apa yang bisa didapat dari si pemilik properti. Jangan ragu untuk mengajukan berbagai pertanyaan tentang rumah atau apartemen yang akan Anda sewa.

5. Negosiasikan Harga

Jangan pernah lupa menegosiasikan harga sebelum menyewa rumah atau apartemen. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah sehingga dapat menghemat pengeluaran. Rundingkan juga cara pembayaran uang sewa apakah per bulan, per enam bulan, atau setahun. Biasanya pembayaran sewa langsung selama enam bulan atau setahun lebih murah dibandingkan pembayaran per bulan.