Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menjual Rumah Lewat Agen Properti

06-06-16 | Menjual Properti

Jika Anda ingin menjual rumah primary atau secind lewat jasa agen properti, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. Selain iotu, sebagai penjual, Anda harus tahu kemampuan selling Agen yang Anda pilih untuk menjualkan rumah Anda.

Biasanya penjual yang pada akhirnya menyewa agen properti karena Mereka tidak ada akses untuk bertemu dengan calon pembeli. Selain itu juga, terkadang penjual tidak tahu harga pasaran, sedangkan agen properti yang professional sudah pasti tahu harga pasaran di masyarakat.

Oleh karena itu, jika rumah Anda sesegera mungkin terjual entah itu rumah primary atau second, menyewa agen pemasaran properti itu tidak ada salahnya. Bahkan, ini merupakan cara yang paling efektif.

Kemudian, apa saja yang perlu di persiapkan?

1. Menyiapkan Dokumen

Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, sertifikat tanah, IMB, AJB, bukti lunas PBB, bukti lunas semua rekening. Jika Anda telah berkeluarga, Anda juga butuh melampirkan KTP pasangan anda untuk meyakinkan calon pembeli bahwa kedua belah pihak telah setuju untuk menjual rumah. Biasanya agen juga meminta dokumen lain seperti Buku nikah dan Kartu Keluarga.

2. Tahu Kisaran Harga

Anda harus tahu kisaran harga rumah sekitar Anda. Memang pada awalnya, Anda menyerahkan penjualan kepada agen, namun jika kita tahu harga kisaran maka kita akan mendapatkan harga yang terbaik. Anda mungkin dapat menanyakan kepada tetangga atau orang sekitar dan taksirlah harga menurut patokan dari harga yang di beri tetangga atau orang sekitar.

3. Fee(bayaran) AgenĀ 

Anda harus tahu berapa fee yang harus Anda berikan kepada seorang agen. Tidak semua agen menetapkan fee yang sama. Biasanya, seorang agen meminta fee antara 3-5% dari penjualan. Tapi, fee ini juga tergantung dengan kualitas agen pemasaran. Jika Anda merasa agen tersebut terpecaya dan Anda meminta agar rumah sesegara mungkin terjual, tidak ada salahnya jika Anda memberikan fee lebih kepada agen.

Itu adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin menjual rumah lewat agen properti. Sementara bagaimana Anda menilai seorang agen itu profesional atau tidak. Tentu saja mudah. Seorang agen yang sudah profesional biasanya menggunakan lebih dari satu cara pemasaran. Sekarang ini, selain menawarkan properti dengan menyebarkan leaflet, seorang agen pemasaran juga menggunakan media online untuk menawarkan properti yang ia jual.

Seorang agen properti yang sudah menggunakan media online pasti sudah mahir tentang internet marketing. Mereka sudah tahu bagaimana menjaring calon pembeli potensial dan bagaimana membuat mereka akhirnya mau membeli properti yang ditawarkan.

Anda harus tahu bahwa strategi online marketing lebih efektif sekarang ini. Oleh karena itu, Anda bisa mencari seorang agen yang mampu melakukan pemasaran secara online agar rumah Anda bisa terjual secepat mungkin.