Plus Minus Menggunakan Jasa Agen Properti

27-05-16 | Menjual Properti

Dewasa ini Menjual rumah atau properti menggunakan agen properti kian menjadi tren tersendiri, yang kebanyakan menjadi pilihan pemilik properti atas pertimbangan efisiensi dan efektifitas proses penjualan. Banyak pemilik properti yang telah menggunakan jasa agen properti dan mendapat berbagai kesan dan pengalaman selama mereka menjual properti yang dimiliki melalui perantara atau agen tersebut.

Keuntungan yang didapat dari menggunakan jasa agen properti :

1. Adanya kemampuan agen properti untuk membereskan berbagai keperluan administratif selama proses jual beli,  pemilik properti bisa lebih hemat biaya dibandingkan bila melakukan penjualan secara mandiri. Pada umumnya, segala jenis biaya administrasi termasuk appraisal dibayar oleh agen terlebih dulu (tugas pihak appraisal adalah menaksir harga tanah dan bangunan tersebut secara objektif). Jadi pemilik  properti akan mendapat harga yang sesuai atau tidak terlalu rendah.

2. Jaringan Luas. Walaupun Anda sangat aktif dan memiliki jaringan yang luas bukan berarti properti yang Anda jual akan laku dengan sendirinya. Biasanya tiap agen memiliki jaringan khusus para pembeli properti, oleh karena itu keunggulan mereka dapat anda manfaatkan.

3. Promosi Yang Efektif. Agen properti sudah terbiasa dalam menangani jual beli ataupun proses sewa menyewa, sehingga mereka pasti lebih paham dalam mengatur strategi promosi.

4. Data Calon Pembeli. Bagi mereka yang terbiasa dalam bisnis properti sudah barang tentu memiliki target pasar yang dituju. Tidak jarang juga agen properti akan berebut pembeli untuk jenis properti yang sama, dan properti Anda semakin cepat terjual.

Dari sisi kerugian menggunakan jasa agen properti, antara lain : 

1. Sudah tentu pemilik properti harus mengeluarkan biaya untuk komisi agen tersebut bila penjualan sudah dicapai.

2. Ada kalanya ketika sudah terikat perjanjian dengan pihak agen properti yang dipilih, pemilik tidak bisa bebas untuk mencari calon pembeli sendiri. Jadi, walaupun sudah tercapai kesepakatan harga antara kedua belah pihak, proses transaksi tetap harus melibatkan agen properti tadi.

Maka keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda sebagai pemilik properti dalam menentukan cara mana yang akan dipilih untuk menjual properti, apakah dengan cara mandiri atau melalui agen properti.

]