Tips Membeli Properti Baru

26-05-16 | Membeli Properti

Membeli Properti merupakan investasi yang menjanjikan , dimana harga properti berupa tanah maupun bangunan yang tidak pernah turun bahkan cenderung selalu naik. Jika ingin membeli suatu properti apapun itu jenisnya anda juga harus mengetahui tips sebelum membeli properti agar apa yang anda beli adalah yang terbaik dan tidak kecewa. Maka untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka anda harus memilih dan membeli properti yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Sebelum anda memutuskan untuk membeli properti akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Hal utama yang akan anda perhitungkan adalah harga dari properti itu sendiri. Namun selain itu masih banyak hal lain yang perlu anda rencanakan terlebih dahulu.

1. Sesuai dana atau budget, hitung budget dan kemampuan beli kita.

2. Lokasi Strategis salah satunya meliputi lokasi bebas banjir, daerah yang sering terkena banjir akan selalu membuat cemas ketika turun hujan. Dan tentu saja daerah yg rawan banjir akan menurunkan nilai jual property. Kita harus jeli dalam memilih property, sebaiknya kita mencari informasi tentang ini sebelum membeli.

3. Mencari rumah / properti yg dekat dengan tempat bekerja, kita bisa fokus dengan pekerjaan kita dan bisa punya waktu yg lebih lama dengan keluarga.

4. Lingkungan yang baik, cari tahu apakah lingkungan di sekitar rumah yg akan kita beli itu baik untuk keluarga kita terutama untuk pendidikan dan tumbuh kembang  anak.

5. Akses transportasi umum, apakah jalan di sekitar rumah dilalui transportasi umum baik bus, taksi dan sebagainya.

6. Dekat dengan fasilitas umum, misal pasar, bank, swalayan, tempat ibadah, pemadam kebakaran, kantor polisi, dll.

7. Pastikan kita membeli properti dari developer yang mempunyai reputasi baik dan tidak pernah gagal dalam mengerjakan proyeknya. Jangan sampai proyek  terbengkalai  di kemudian hari. Cari tahu track record developer sebelum membeli properti.

8. Status properti jelas dan legalitas lengkap. Jangan sampai kita menemukan masalah di kemudian hari, tanyakan kepada penjual apakah status properti jelas sesuai yg ditawarkan dan mempunyai legalitas yg lengkap.

9. Pastikan developer telah memperoleh semua perijinan yg dibutuhkan untuk membangun proyeknya.

10. Pembayaran. Penting diperhatikan untuk cara pembayaran membeli rumah. Sebaiknya pilih developer dengan dua sistem pembayaran, yaitu dengan tunai dan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Pembayaran dengan sistem tunai biasanya ditujukan untuk pembeli yang keuangannya sangat tercukupi. Namun, jika pembeli tidak memiliki cukup uang, sebaiknya gunakanlah KPR dengan pembayaran bertahap. Akan tetapi sebelum KPR disetujui, pihak bank akan melakukan analisa kredit dengan tujuan mengukur kemampuan dalam melakukan cicilan. Pihak bank akan memeriksa aktivitas transaksi selama tiga hingga enam bulan terakhir, apakah terdapat tunggakan, keterlambatan pembayaran dan pengeluaran tiap bulannya. Selain itu, wawancara pemohon KPR juga dilakukan untuk memastikan kembali aktivitas transaksi. Kemudian, pihak bank akan meneruskan ke Bank Indonesia agar di periksa kembali. Setelah itu, bank baru akan memberi keputusan dalam kurun waktu 14 hingga 60 hari kerja.

11. Sediakan biaya tak terduga. Membeli rumah kepada pihak pengembang tentu terdapat beberapa biaya tak terduga, diantaranya biaya untuk biaya KPR, PPN, BPHTB dan lain-lain. Sebaiknya siapkan biaya 15 hingga 20 persen.

12. Memastikan serah terima rumah. Dalam kesepakatan membeli rumah, tanyakan kepastian mengenai serah terima rumah dan berikan konsekuensi kepada developer atau pengembang perihal keterlambatan dalam serah terima rumah. Selain itu, pastikan mendapat sertifikat rumah dan surat pelunasan hutang jika semua telah dibayarkan sebagai tanda bukti.

Beberapa pertimbangan sebelum membeli rumah baru yang telah banyak dibahas diatas sangat perlu diperhatikan karena dapat menjadi referensi dalam membeli rumah pertama bagi keluarga baru. Satu lagi, sebaiknya pilihlah pengembang properti yang terpercaya dan memiliki kualitas bangunan perumahan yang baik.

]