Tips Menjual Properti

27-05-16 | Menjual Properti

Menjual atau memasarkan rumah memang tidak semudah yang dibayangkan untuk yang belum memiliki kompetensi atau pengalaman menjual rumah sebelumnya. Karena bisa saja ada orang yang mau membelinya namun harganya kurang cocok. Atau sebaliknya, mereka punya uang namun tidak cocok dengan keadaan rumahnya. Hal ini bisa jadi karena strategi marketing yang kurang gencar. 

Untuk itu perlu kiat-kiat tertentu  agar rumah cepat laku terjual. 

1. Sebelum menjual rumah, renovasi dan rapikan rumah agar memberi kesan yang kondisi rumah masih bagus. 

Usia rumah yang sudah cukup tua boleh jadi menjadi kendala rumah sulit dijual. Sebenarnya Anda tidak perlu bingung karena dapat mengupayakan renovasi sebelumnya. Renovasi benar dibutuhkan guna mempercantik penampilan rumah agar menarik minat calon pembeli. Namun, hindari melakukan renovasi secara berlebihan, terlebih bila tujuan penjualan rumah dilakukan guna mendapat untung. Lakukan renovasi secukupnya sekedar untuk mengembalikan fungsi rumah dan membuatnya tampak indah. Pasalnya melakukan renovasi berlebih cenderung mengurangi keuntungan jual rumah.

2. Pastikan surat legalitas properti yang ingin dijual lengkap

3. Patok harga yang sesuai / kompetitif

Harga di bawah harga pasar dapat merugikan pihak penjual, sebaliknya harga yang dipatok di atas harga pasar akan membuat properti sulit laku. Karenanya patok harga yang kompetitif. Guna mengetahui kisaran harga yang tepat, Pahami harga pasaran di daerah tersebut.Anda bisa mengecek harga properti dengan kriteria serupa yang ditawarkan di wilayah sekitar.

4. Tentukan Media Promosi

Agar agenda menjual rumah cepat  rampung Anda bisa memanfaatkan sejumlah media promosi yang ada. Misalnya dengan memasang iklan di koran, membuat pamflet, atau lainnya. Sekarang ini pun Anda bisa memanfaatkan kemudahan media online untuk cara promosi yang lebih mudah.

5. Lewat jasa agen properti

Menjual rumah lewat agen properti memiliki peluang yang lebih besar untuk cepat laku. Pada umumnya, agen properti memiliki koneksi yang luas, sehingga informasi akan cepat tersebar ke lebih banyak orang. Jadi, ada kemungkinan properti Anda segera menemukan peminatnya.

]