Tips Menyewa Ruko Secara Tepat

04-06-16 | Menyewa Properti

Rumah toko atau biasa disebut juga dengan ruko memang jenis properti yang selalu laris dan tidak pernah ada matinya. Hal ini dikarenakan penggunaan ruko yang sangat fleksibel dimana bisa digunakan untuk perkantoran bagi perusahaan kecil atau menengah, hingga digunakan sebagai tempat usaha seperti restoran, salon, dan warnet, perbankan hingga minimarket.

Bagi anda yang ini menyewa ruko, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar Anda tidak kecewa di kemudian hari, antara lain :

1. Pilih Hanya di Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus di pertimbangkan sebelum menyewa ruko adalah lokasi. Pilihlah ruko yang berada di lokasi strategis. Hal ini di karenakan perkembangan usaha anda bergantung pada lokasi tempat ruko berada. Bagi anda yang baru memulai bisnis dan belum memiliki nama yang di kenal, pilih lah lokasi yang mudah terlihat seperti pinggir jalan raya utama atau dekat pusat keramaian seperti mall.

2. Perhatikan Tujuan Pemakaian Ruko

Ketika memilih ruko yang akan disewa, Anda juga harus sesuaikan dengan tujuan usaha Anda. Misal, jika Anda ingin memakai ruko itu untuk mendirikan restoran, perhatikan apakah di lokasi ruko yang ingin Anda sewa juga terdapat usaha serupa yang mungkin akan mempengaruhi bisnis Anda. Perhatikan juga target pasar yang Anda ingin sasar. Jika Anda ingin membuka usaha makanan murah yang menyasar kantong mahasiswa sebaiknya pilih lokasi ruko yang dekat dengan universitas, kampus atau sekolah. Namun jika Anda ingin membuka restoran untuk karyawan, bisa memilih ruko yang dekat dengan pusat perkantoran.

3. Hitung Dana yang harus di keluarkan

Sebelum menyewa rumah, pertimbangkan dana yang Anda miliki dan sanggup Anda keluarkan. Maklum, ruko saat ini bukanlah properti yang murah. Semakin stretegis lokasinya, maka akan semakin mahal harga sewanya. Oleh karena itu, Penting bagi anda untuk memikirkan cara dan strategi agar pendapatan anda bisa menutupi biaya sewa.