Tips Sebelum Pindah ke Kantor Baru

07-06-16 | Panduan Pindahan Properti

Merupakan sesuatu yang lumrah jika sebuah perusahaan pindah kantor. Selain untuk penyegaran atau berganti suasana, pindah kantor ke lokasi yang lebih baik tentu akan memberikan imej yang bagus terhadap perusahaan tersebut. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan jika akan pindah kantor? Simak Tips berikut

1. Memilih Tempat Baru

Pilihlah tempat yang menawarkan masa sewa fleksibel jika Anda belum yakin Anda menyewa dalam waktu yang lama. Masa sewa jangka pendek sangat cocok untuk perusahaan startup. Lalu perhatikan pula apakah tempat cukup untuk menanmpung seluruh karyawan ketika perusahaan berkembang nantinya, sesuai dengan pepatah sedia payung sebelum hujan. Keamanan juga penting bagi setiap kantor.  Pastikan apakah ada tim keamanan atau CCTV.

2. Buatlah Daftar Kegiatan Penting

Buatlah timeline kegiatan penting yang harus Anda lakukan ketika kembali bekerja setelah pindah lokasi kantor. Misalnya, jadwal kapan penggantian polis asuransi harus dilakukan dari kantor lama ke kantor baru. Rencanakan dan buat garis besar tentang bagaimana seharusnya kantor Anda terlihat. Apakah akan ada perubahan suasana dan tampilan dari kantor lama? Apakah memerlukan perabotan baru? Luangkan pula waktu untuk mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis di kantor baru.

3. Alokasikan Sumber Daya

Pasti akan diperlukan biaya terkait dengan jasa pengiriman barang untuk mengumpulkan dan menyiapkan peralatan dari kantor lama ke kantor baru. Karyawan harus mau membantu menyiapkan peralatan jika diperlukan dan ini tentunya akan menekan pengeluaran.

4. Sewa Jasa Pindahan yang Terkemuka

Pilihlah Perusahaan jasa pindahan yang memiliki reputasi baik, Anda bisa melihat review online tentang perusahaan tersebut apakah cara kerja perusahaan tersebut cepat dan profesional. Anda tentu tidak ingin Alat kantor menjadi rusak ketika proses pindahan. Anda juga perlu sewa jasa bersih-bersih untuk membersihkan kantor lama sehingga saat ada barang yang tertinggal mereka dapat mengantarkannya kepada Anda tanpa biaya apapun.

  1. Beritahu Vendor

Telepon semua Klien atau relasi dan pastikan mereka semua mengetahui bahwa perusahaan Anda telah pindah ke kantor baru. Cantumkan logo perusahaan anda di kantor yang baru sebelum Anda benar-benar pindah. Ini sangat berguna jika kantor baru anda berlokasi agak tersembunyi.

5. Masukkan ke Kotak

Berilah setiap karyawan sebuah kotak dan beritahu mereka untuk menulis nama dan divisi masing-masing. Setiap furnitur dan peralatan ada baiknya di beri label nama agar setiap karyawan dapat mempertanggung jawabkan barang-barang pribadi yang di kemas dan dikirim sesuai dengan nama masing-masing.