Bangka-Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

 

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Kepulauan Bangka Belitung memiliki Iklim tropis yang dipengaruhi angin musim yang mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus-menerus. Pulau Bangka terletak di sebelah pesisir timur Sumatera bagian Selatan yaitu 1°20’-3°7 Lintang Selatan dan 105° - 107° Bujur Timur memanjang dari Barat Laut ke Tenggara sepanjang kurang lebih 180 km. Pulau ini terdiri dari rawa-rawa, daratan rendah, bukit-bukit dan puncak bukit terdapat hutan lebat, sedangkan di daerah rawa terdapat hutan bakau. Rawa daratan pulau Bangka tidak begitu berbeda dengan rawa di pulau Sumatera, sedangkan keistimewaan pantainya dibandingkan dengan daerah lain adalah pantainya yang landai berpasir putih dengan dihiasi hamparan batu granit. Bangka Belitung menawarkan wisata bahari seperti menyelam, snorkeling, memancing dan berlayar.Oleh sebab itu seringkali disebut dengan Pulau Laskar Pelangi atau The Island Beyond The Rainbow.

 

Penduduk Kepulauan Bangka Belitung merupakan masyarakat yang beragama dan menjunjung tinggi kerukunan beragama. Tempat peribadatan agama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada sebanyak 730 masjid, 454 musala, 115 langgar, 87 gereja protestan, 30 gereja katolik, 48 vihara dan 11 cetiya.

 

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya alam cukup banyak. Terutama untuk sektor pertambangan, khususnya tambang timah. Perkembangan usaha tambang timah merupakan tolak ukur kemajuan ekonomi.Kendati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kaya sumber daya alam mineral timah, namun ke depan sektor ini tak lagi menjadi andalan. Pasalnya pemerintah akan mengedepankan sektor pariwisata untuk membangkitkan perekonomian daerah.

Properti Dijual Terbaru di Bangka-Belitung

Agen Spesialis di Bangka-Belitung

]