Bengkulu

Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Bengkulu berada pada koordinat 300 45’ – 300 59’ LS dan 1020 14’ - 1020 22’ BT dengan luas wilayah 151,7 km². Iklim Kota Bengkulu tergolong tipe iklim A (Tropis Basah) dimana udaranya relatif panas dengan suhu udara maksimum rata-rata setiap bulannya berkisar antara 29°C - 31°C dan suhu minimum berkisar antara 23°C dengan kelembaban udara berkisar antara 81% — 9l% serta kisaran kecepatan angin maksimum berada pada 14 — 19 knot.

 

Penduduk yang mendiami kota ini berasal dari berbagai suku bangsa, di antaranya suku Melayu, Rejang, Serawai, Lembak, Bugis, Minang, Batak dan lain-lain. Kebanyakan penduduk Bengkulu adalah berbudaya Melayu dan kebiasaannya mirip dengan provinsi-provinsi di Sumatra. Masyarakat Bengkulu mengembangkan tulisan sendiri yang disebut dengan ka-ga-nga.

 

Provinsi Bengkulu juga merupakan salah satu Provinsi dari Pulau Sumatra yang identik dengan Bunga raksasanya, yaitu bunga Rafflessia Arnoldi, yang sering dikenal dengan bunga bangkai, karena aromanya yang kurang sedap. Selain bunga endemiknya, Bengkulu juga mempunyai nilai sejarah yang lebih. Pada sa'at itu Provinsi Bengkulu berada di bawah kekuasaan Inggris. Bengkulu juga merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan di Sumatra.

 

Bengkulu memiliki obyek wisata yang beragam dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata budaya.Obyek wisata yang terkenal antara lain Pulau Tikus, Danau Mas Harun Bastari, Danau Dendam Tak Sudah,Pantai Jakat,Museum Negeri Bengkulu, Masjid Jami' Bengkulu, Benteng Marlborough,Rumah Pengasingan Bung Karno, Pantai Tapak Paderi, Sungai Air Berau, Pantai Panjang Putri Gading Cempaka. Provinsi Bengkulu kaya akan potensi alam, yaitu di antaranya banyaknya batubara, karet, kelapa sawit, kopi, dan teh, menjadi salah satu faktor pendorong tumbuhnya aktivitas perekonomian di wilayah tersebut.

Agen Spesialis di Bengkulu