Jawa Barat

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung.Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Iklim di Jawa Barat adalah tropis, dengan suhu 9 °C di Puncak Gunung Pangrango dan 34 °C di Pantai Utara, curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun, namun di beberapa daerah pegunungan antara 3.000 sampai 5.000 mm per tahun.

 

Masyarakat Jawa Barat di kenal sebagai masyarakat agamis dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional. Mereka juga memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan, dan saling mengasuh diantara warga masyarakat.Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia

 

Sumber daya alam Jawa Barat cukup melimpah. Jawa Barat dikenal sebagai salah satu 'lumbung padi' nasional, hampir 23 persen dari total luas 29,3 ribu kilometer persegi dialokasikan untuk produksi beras.Jawa Barat merupakan 'Rumah Produksi' bagi ekonomi Indonesia, hasil pertanian Provinsi Jawa Barat menyumbangkan 15 persen dari nilai total pertanian Indonesia.Hasil tanaman pangan Jawa Barat meliputi beras, kentang manis, jagung, buah-buahan dan sayuran, disamping itu juga terdapat komoditi seperti teh, kelapa, minyak sawit, karet alam, gula, coklat dan kopi. Perternakannya menghasilkan 120.000 ekor sapi ternak, 34% dari total nasional. Di sektor perikanan, komoditas baik adalah ikan mas, nila ikan, bandeng, lele air tawar, udang windu, kerang hijau, ikan gurami, patin, rumput laut dan udang vaname.

 

Di sektor pertambangan juga menghasilkan produksi tambang unggulan (zeolit, bentonit, serta pasir besi, semen pozolan, felspar dan barn permata/gemstone. Potensi pertambangan batu mulia umumnya banyak terdapat di daerah Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Kuningan, dan Sukabumi. Landscape Jawa Barat merupakan salah satu bagian dari busur kepulauan gunung api baik gunung api aktif maupun gunung api mati. Hal ini disebabkan Jawa Barat merupakan satu bagian dari lempeng sabuk gunung api yang membentang mulai dari ujung utara Pulau Sumatera hingga ujung utara Pulau Sulawesi. Di Jawa Barat sendiri, terdapat beberapa gunung api aktif diantaranya : Gunung Ciremai (3078 m/dpl) yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat; Gunung Gede (2958 m/dpl); Gunung Galunggung (2.618 m/dpl) dan Gunung Tangkuban Parahu (2.084 m/dpl). Kesemuanya menjadi salah satu objek wisata alam yang banyak menjadi daerah tujuan wisata baik nasional maupun internasional.

Properti Dijual Terbaru di Jawa Barat

Kota Populer
3

Properti Disewa Terbaru di Jawa Barat

Agen Spesialis di Jawa Barat