Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta dan pusat industri dan pelabuhan. Jawa Timur terletak antara 111,0 BT hingga 114,4 BT dan Garis Lintang 7,12” LS dan 8,48 ‘LS dengan Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.476.757 jiwa (2010). Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung). Jawa Timur memiliki iklim tropis basah. Dibandingkan dengan wilayah Pulau Jawa bagian barat, Jawa Timur pada umumnya memiliki curah hujan yang lebih sedikit. Curah hujan rata-rata 1.900 mm per tahun, dengan musim hujan selama 100 hari. Suhu rata-rata berkisar antara 21-34 °C. Suhu di daerah pegunungan lebih rendah, dan bahkan di daerah Ranu Pani (lereng Gunung Semeru), suhu bisa mencapai minus 4 °C, yang menyebabkan turunnya salju lembut.

 

Penduduk yang banyak mendiami wilayah Jawa Timur datang dari suku Jawa dan beberapa orang Madura, Orang Osing Banyuwangi dan orang Tionghoa. Jawa Timur adalah tempat dari beberapa keanekaragaman budaya yang hidup dalam harmoni yang selaras. Selain dari beberapa suku yang tinggal, terdapat juga etnis Arab dan India. Meskipun Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu, bahasa Jawa adalah bahasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat Jawa Timur, dan atau bahasa dari beberapa etnis terkait. Bahasa Jawa yang digunakan di Jawa Timur berbeda dengan bahasa Jawa di Jawa Tengah yang cenderung halus. Ciri khas Bahasa Jawa Timuran adalah egaliter, blak-blakan, dan seringkali mengabaikan tingkatan bahasa layaknya Bahasa Jawa Baku, sehingga bahasa ini terkesan "kasar". Bahasa Jawa Dialek Surabaya dikenal dengan Boso Suroboyoan.

 

Jawa Timur dikenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia, dan memiliki signifikansi perekonomian yang cukup tinggi, yakni berkontribusi 14,85% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.karena terdapat beberapa industri yang besar terletak di propinsi ini. Sebut saja, PT INKA, PT PAL, Semen Gresik dan Petrokimia, Surabaya Industrial Estate Rungkut [SIER], Gudang Garam, Sampoerna dan masih banyak lagi. Tidak hanya perusahaan besar, sentra industri kecil di Jawa Timur pun cukup mendapat nama di bidangnya, seperti industri kerajinan kulit di Tanggulangin, atau sentra produk sepatu di Wedoro.

 

Selain itu, Jawa Timur juga merupakan propinsi yang sangat kaya dengan tujuan pariwisata. Dikatakan kaya, karena di propinsi ini terdapat gunung, pantai, danau, gua, museum, situs ziarah, monumen, situs sejarah, dan taman rekreasi.Sebut saja, Gunung Bromo yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Taman Nasional Baluran, wisata kota Batu, dan banyak lagi.

Properti Dijual Terbaru di Jawa Timur

Kota Populer
3

Properti Disewa Terbaru di Jawa Timur

Agen Spesialis di Jawa Timur