Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km²[4] dan berpenduduk ± hampir mencapai 3,7 juta jiwa (sensus penduduk 2010).

 

Mayoritas penduduk Kalimantan Selatan merupakan etnis Banjar yang terdiri atas 3 kelompok, yaitu Banjar Kuala, Banjar Pahuluan dan Banjar Batang Banyu. Terdapat pula etnis Jawa, Madura dan Sunda yang datang sebagai transmigran. Di daerah pesisir Tanah Bumbu dan Kotabaru juga berdiam etnis Bugis (Bugis Pagatan) dan Mandar yang berasal dari Sulawesi. Etnis Dayak di Kalimantan Selatan menempati kawasan Pegunungan Meratus (Dayak Bukit) dan tepian aliran Sungai Barito (Dayak Bakumpai).Kelompok etnis lainnya di Kalimantan Selatan yaitu etnis keturunan Arab yang banyak terdapat di Kota Banjarmasin dan Martapura. Terdapat pula etnis keturunan Tionghoa yang mendiami kawasan Pecinan di Kota Banjarmasin dan Sungai Parit di Pelaihari (Orang Cina Parit). Bahasa yang digunakan dalam keseharian adalah Bahasa Banjar yang memiliki dua dialek besar, yakni dialek Banjar Kuala dan dialek Banjar Hulu. Di kawasan Pegunungan Meratus juga dituturkan Bahasa Bukit.Islam adalah agama mayoritas yang dianut sekitar 97% masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu ada juga yang beragama Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha yang dianut masyarakat pendatang serta Kepercayaan Kaharingan yang dianut masyarakat kawasan Pegunungan Meratus.

 

Sumber daya alam yang paling terbesar di kalimantan selatan adalah Di daerah kabupaten tanah bumbu yaitu Pertambangan Batubara,emas,biji besi dan lain2.Kebanyakan para investor menanamkan Modal di bidang pertambangan Batubara di Daerah Tanah Bumbu dan Tanah Laut,Para Investor yang datang dari luar negeri seperti amerika,cina,dan india semua itu penanam Modal yang besar bahkan pembelinya berasal dari luar negeri. Akan tetapi di kalimantan selatan ini bukan hanya semata pertambangan aja.Masih banyak sumber daya alam seperti di Bidang Perikanan dan perkebunan dikelola pengusaha swasta, karena masih banyaknya lahan tidur yang tidak di manfaatkan masyarakat tempat karena faktor modal sehingga masyarakat tidak dapat mengunakannya,Maka perusahaan swasta lah yang Memanfaatkannya,Hampir semua lahan kosong telah di beli oleh perusahaan untuk di gunakan Di bidang perkebunan sawit,dan Karet.

 

Sektor pariwisata merupakan peluang usaha yang potensial di Kalimantan Selatan karena banyak objek-objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri mau pun dari mancanegara.Kalimantan Selatan memiliki hampir semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, dan gunung. Selain itu pariwisata Kalimantan Selatan juga banyak menjual budayanya yang khas, seperti Festival Pasar Terapung, Festival Tanglong, dan lain-lain. Disamping wisata alam dan budaya, Kalimantan Selatan juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Properti Dijual Terbaru di Kalimantan Selatan

Kota Populer

Properti Disewa Terbaru di Kalimantan Selatan