Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah adalah salah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibukotanya adalah Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah memiliki luas 157.983 km² dan berpenduduk sekitar 2.202.599 jiwa (sensus penduduk 2010). Bagian Utara terdiri Pegunungan Muller Swachner dan perbukitan, bagian Selatan dataran rendah, rawa dan paya-paya. Berbatasan dengan tiga Provinsi Indonesia, yaitu Kalimantan Timur, Selatan dan Barat serta Laut Jawa. Wilayah ini beriklim tropis lembab yang dilintasi oleh garis equator.

 

Suku bangsa dominan di Kalimantan Tengah yaitu Suku Dayak, Suku Banjar dan Suku Jawa. Suku Dayak terutama menempati daerah pedalaman, Suku Banjar sebagian besar menempati kawasan perkotaan dan Suku Jawa mendiami kawasan transmigrasi. Suku transmigran lainnya yang terdapat di Kalteng yaitu Suku Madura, Suku Sunda, Suku Bali dan kelompok etnis asal Nusa Tenggara Timur. Selain itu terdapat pula Suku Melayu yang menempati pesisir Kotawaringin Barat, Suku Batak dan suku-suku lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Bahasa yang digunakan secara luas di Kalimantan Tengah adalah Bahasa Banjar dan Bahasa Indonesia.Agama yang dipeluk masyarakat Kalimantan Tengah, yaitu Islam, Kristen, Hindu dan Budha.

 

Hutan mendominasi wilayah 80%. Hutan primer tersisa sekitar 25% dari luas wilayah. Lahan yang luas saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawit. Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kabupaten Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur.Banyak ragam potensi sumber alam, antara lain yang sudah diusahakan berupa tambang batubara, emas, zirkon, besi. Terdapat pula tembaga, kaolin, batu permata dan lain-lain.Tapi karena terbatasnya dana dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) mengakibatkan potensi sumber daya alam belum dapat dimanfaatkan secara maksimal.

 

Kalimantan Tengah mempunyai banyak sekali obyek wisata antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak Obyek wisata Kalimantan Timur yang sangat terkenal yaitu Wisata Minat Khusus Taman Nasional Tanjung Puting di camp Leakey untuk mengamati orang utan.

Properti Dijual Terbaru di Kalimantan Tengah

Kota Populer
3