Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur.Luas wilayah Kalimantan Utara adalah 72.567,49 km2 dengan total penduduk sekitar 738.163 jiwa (sensus penduduk 2013). Ibu kota Kalimantan utara adalah Tanjung Selor.

 

Sepertiga penduduk Kalimantan Utara adalah Suku Jawa yang merupakan kelompok terbesar, disusul penduduk asal Sulawesi Selatan. Selebihnya merupakan penduduk asli Kalimantan yaitu Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Dayak, Suku Tidung dan Suku Kutai. Agama mayoritas adalah agama islam disusul agama Katolik, Protestan, Budha, Hindu, dan Kong Hu Cu. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa daerah adalah bahasa bulungan, Dayak dan Tidung.

 

Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia. Provinsi ini dibentuk untuk menghidupkan ekonomi masyarakat di wilayah itu, yang selama ini dianggap tertinggal.Letaknya yang berbatasan langsung dengan Malaysia, membuat sebagian warganya tergantung kepada Malaysia. Dari sisi geografis, Wilayah Kalimantan Utara merupakan wilayah strategis segitiga Indonesia-Malaysia-Filipina. Provinsi Kalimantan Utara memiliki potensi alam yang begitu luar biasa, mulai dari hutan, laut dan sungai serta segala ekosistem yang ada disekitarnya, perkebunan, dan juga tambang. Kawasan perairan Kalimantan Utara juga memiliki wilayah Ambalat, yang diperkirakan kaya sumber daya minyak dan gas. Di wilayah ini pun ada potensi perikanan dan pariwisata yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

 

Pintu gerbang utama Kalimantan Utara adalah Bandar Udara Juwata Internasional di Pulau Tarakan, menghubungkan Kota Balikpapan, Surabaya dan Jakarta serta kota-kota kecil lain seperti Tanjung Selor, Nunukan dan Berau. Maskapai penerbangan domestik yang melayani penerbangan ke dan dari Bandara Juwata adalah Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Kalstar, dan Susi Air. Bandara Tarakan juga melayani rute internasional. Pintu masuk juga bisa diakses melalui pelabuhan dengan kapal ferry.