Maluku Utara

Maluku Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia.Maluku Utara terletak tepat di sebelah utara Garis Khatulistiwa, antara 3’ Lintang Utara dan 3’ Lintang Selatan dan dari 124’ hingga 129’ bujur timur. Provinsi yang biasa disingkat sebagai "Malut" ini terdiri dari beberapa pulau di Kepulauan Maluku.Luas total wilayah Provinsi Maluku Utara mencapai 140.255,32 km². Sebagian besar merupakan wilayah perairan laut, yaitu seluas 106.977,32 km² (76,27%). Sisanya seluas 33.278 km² (23,73%) adalah daratan.Ibukota terletak di Sofifi, Kecamatan Oba Utara.

 

Penduduk Maluku Utara diperkirakan mencapai 1.035.000 (Survey Nasional, 2010), yang menjadikannya sebagai salah satu provinsi terpadat penduduknya di Indonesia.Suku Ternate merupakan suku bangsa yang berdiam di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara, dan sekitarnya, Bahasa Melayu Maluku Utara atau Bahasa Melayu Ternate adalah suatu dialek bahasa Melayu yang dituturkan di hampir seluruh wilayah provinsi Maluku Utara. Menurut sensus 2010, 97% suku ternate memeluk Islam, sisanya Kristen Protestan dan sejumlah agama lainnya.

 

Mata pencaharian orang Ternate, terutama adalah bertani dan melaut (mencari ikan). Komoditas pertanian yang terkenal dari kawasan ini adalah cengkeh, kelapa dan pala. Orang Ternate juga dikenal sebagai pelaut yang ulung. Maluku Utara yang akrab disebut Maloku Kie Raha (gugusan empat pulau bergunung) ini juga memiliki kekayaan tambang yang cukup menjanjikan, seperti nikel ore, limonite, dan emas. Yang tak kalah menarik, tentu potensi laut dan perikanan yang bernilai milyaran dollar.

 

Maluku Utara memiliki banyak sekali obyek wisata antara lain obyek Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak obyek Wisata Maluku Utara yang sangat terkenal yaitu Wisata Sejarah Benteng Tolukko, juga ada wisata bahari berupa pulau-pulau dan pantai yang indah dengan taman laut serta jenis ikan hias beragam jenis.Pantai yang paling terkenal adalah Pantai Sulamadaha di Ternate, yang memiliki air sebening kaca, Teluk Jailolo yang sudah cukup dikenal sebagai tempat untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama.

]