Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan, kini telah menjadi Provinsi ke-33 yang diresmikan sejak 5 Oktober 2004. Secara geografis, provinsi ini terletak di posisi silang dari Segitiga emas Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah, serta langsung menghadap rute berlayar nasional dan internasional selat Makassar.Kondisi topografi Provinsi Sulawesi Barat terdiri dari laut, dataran rendah, dan dataran tinggi, memungkinkan untuk memiliki lahan subur. Iklim di wilayah ini umumnya tropis. Mamuju adalah ibukota Provinsi Sulawesi Barat yang menyimpan sejuta khazanah. Luas wilayahnya sekitar 16,796.19 km². Dimulai dari letaknya yang sangat strategis, wilayahnya yang luas hingga kekayaan alamnya yang melimpah. Mamuju menjadi ibu kota provinsi yang secara administratif terbagi menjadi 5 kabupaten yaitu Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa, Majene, Mamuju, dan Mamuju Utara.

 

Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar, Toraja, Bugis, Jawa, Makassar dan suku lainnya.Bahasa Daerah Sulawesi Barat adalah Bahasa Mandar, Bahasa Bugis, Bahasa Toraja, Bahasa Makasar.sebagian besar penduduk provinsi Sulawesi Barat memeluk agama Islam, yang berikutnya adalah Agama Kristen, Hindu dan Katolik.

 

Sulawesi Barat memiliki kekayaan sumber daya alam yang bervariasi mulai dari pertambangan emas, batubara dan minyak bumi, hasil bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, perternakan serta hasil perikanan dan kelautan. Dan beberapa potensi ekonomi daerah seperti perkebunan (kakao, sawit, kelapa, rotan), pertanian, perikanan dan kelautan merupakan modal utama Sulbar untuk membangun dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas 10%. Potensi tersebut terus dioptimalkan pemanfaatannya dan diharapkan dapat memicu berkembangnya industry kreatif (industry rotan) dan industry lainnya.

 

Sulawesi Barat juga dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi lokasi wisata yang Indah. banyak sekali potensi wisata alam yang ditawarkan dari provinsi Sulawesi Barat ini seperti wisata alam laut berupa hamparan pantai yang indah dan kekayaan alam bawah laut.