Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukotakan Palu dan merupakan Propinsi terbesar dipulau Sulawesi dengan luas daratan 68,033 kilometer persegi dan wilayah laut 189,480 kilometer persegi,terletak dibagian barat kepulauan maluku dan bagian selatan Negara Filipina. Garis khatulistiwa yang melintasi semenanjung bagian utara di Sulawesi Tengah membuat iklim daerah ini tropis. Akan tetapi berbeda dengan Jawa dan Bali serta sebagian pulau Sumatera, musim hujan di Sulawesi Tengah antara bulan April dan September sedangkan musim kemarau antara Oktober hingga Maret. Rata-rata curah hujan berkisar antara 800 sampai 3.000 milimeter per tahun yang termasuk curah hujan terendah di Indonesia.

 

Sulawesi Tengah didiami oleh 12 etnis atau suku selain penduduk asli, Sulawesi Tengah dihuni pula oleh transmigran seperti dari Bali, Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Suku pendatang yang juga banyak mendiami wilayah Sulawesi Tengah adalah Mandar, Bugis, Makasar dan Toraja serta etnis lainnya di Indonesia sejak awal abad ke 19 dan sudah membaur. Jumlah penduduk di daerah ini sekitar 2.128.000 jiwa yang mayoritas beragama Islam, lainnya Kristen, Hindu dan Budha. Tingkat toleransi beragama sangat tinggi dan semangat gotong-royong yang kuat merupakan bagian dari kehidupan masyarakat.

 

Pertanian merupakan sumber utama mata pencaharian penduduk dengan padi sebagai tanaman utama. Kopi, kokoa dan cengkeh merupakan tanaman perdagangan unggulan daerah ini dan hasil hutan berupa rotan beberapa macam kayu seperti agates,ebony dan meranti yang merupakan andalan sulawesi tengah.

 

Obyek Wisata Sulawesi Tengah yang sangat populer yaitu wisata Laut Pulau Togean Una-una dikenal karena keindahan Pantai , Karang dan Lautnya, wisata Air terjun saluopa merupakan air terjun bersusun 12 tingkat, wisata danau poso yang merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia setelah Danau Toba, dan Danau Singkarak dan lainnya.

Properti Dijual Terbaru di Sulawesi Tengah

Kota Populer
3